KISI-KISI UJIAN
NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
Matematika
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||
Bilangan
|
Aljabar
|
Geometri dan Pengukuran
|
Statistika dan Peluang
|
|
Pengetahuan dan Pemahaman
Mengidentifikasi Mendeskripsikan
Membuat tabulasi Menentukan • Menyebutkan
|
Peserta didik dapat memahami
pengetahuan tentang:
- operasi bilangan bulat
- operasi bilangan pecahan
- perbandingan
- operasi bilangan berpangkat
- bilangan bentuk akar
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret
|
Peserta didik dapat memahami
pengetahuan tentang:
- bentuk aljabar
- persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel
- himpunan
- relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linier
dua variabel
|
Peserta didik dapat memahami
pengetahuan tentang:
- garis dan sudut
- segitiga dan segiempat
- teorema pythagoras
- lingkaran
- bangun ruang sisi datar
- kesebangunan dan
kekongruenan
- bangun ruang sisi
lengkung
|
Peserta didik dapat memahami
pengetahuan tentang:
- menyajikan dan
mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran
- ukuran pemusatan data
- titik/ruang sampel dan
peluang
|
Aplikasi
Mengkonstruksi Menyelesaikan masalah
Menghitung Menginterpretasi • Menerapkan Membandingkan Memodifikasi
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- operasi bilangan bulat
- operasi bilangan pecahan
- perbandingan
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret
- aritmatika sosial
|
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- bentuk aljabar
- persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel
- himpunan
- relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linier
dua variabel
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- segitiga dan segiempat
- teorema Pythagoras
- lingkaran
- bangun ruang sisi datar
- kesebangunan dan
kekongruenan
- bangun ruang sisi
lengkung
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- penyajian data dalam
bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran
- ukuran pemusatan data
- titik/ruang sampel dan
peluang
|
Penalaran
Menganalisis
• Mengevaluasi
•
Mensintesis/Mengkreasi Menafsirkan
• Menyimpulkan
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar
yang berkaitan dengan:
- bilangan bulat
- bilangan pecahan
- perbandingan
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar
yang berkaitan dengan:
- bentuk aljabar
- persamaan linear satu
variabel
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar
yang berkaitan dengan:
- segitiga dan segiempat
- lingkaran
- bangun ruang sisi datar
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar
yang berkaitan dengan:
- penyajian data dalam bentuk tabel,
diagram
|
Level Kognitif
|
|
Lingkup Materi
|
|
|
Bilangan
|
Aljabar
|
Geometri dan Pengukuran
|
Statistika dan Peluang
|
|
• Memprediksi
|
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret
- aritmatika sosial
|
- himpunan
- relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linear
dua variabel
|
- kesebangunan dan
kekongruenan
- bangun ruang sisi
lengkung
- garis dan sudut
|
batang, garis, atau lingkaran
- pemusatan data
- titik/ruang sampel dan
peluang
|
No comments:
Post a Comment